Jelajah
IMG-LOGO

PELATIHAN PENINGKATAN KAPASITAS APARATUR PEMERINTAHAN DESA KENALAN

Create By 03 December 2017 6 Views

Tuntutan Kinerja Perangkat Desa dengan sebuah Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) untuk Keakuratan Perencanaan, Pelaksanaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Program sekaligus sebagai bentuk transparansi publik.

Peningkatan Sumberdaya Perangkat Desa harus selalu ditingkatkan seiring dengan tuntutan kinerja dan perkembangan teknologi. Kesiapsiagaan serta kemampuan perangkat desa dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi sebagai bentuk tanggungjawab pelayanan terhadap masyarakat dengan menggunakan teknologi terkini sangat diperlukan agar kecepatan dan ketepatan proses pelayanan dapat tercapai.

Untuk mewujudkan sebuah sistem pemerintahan yang handal, salah satu usaha dari Pemerintah Desa Kenalan adalah dengan mengadakan Pelatihan Pengoperasian Sistem Keuangan Desa (SISKEUDES) pada hari Kamis 30 Nopember 2017 mulai pukul 10.00 WIB sampai selesai bertempat di Aula Balai Desa Kenalan yang dipandu oleh Kasi Tata Pemeintahan Kecamatan Borobudur.

Siskeudes adalah sebuah aplikasi keuangan online yang dirancang oleh pemerintah untuk menghubungkan data keuangan pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten, provinsi sampai pemerintah pusat.

Lalu data apa saja yang dapat di akses dalam aplikasi Siskeudes tersebut ?

Aplikasi Siskeudes menyajikan beberapa data penting diantaranya  :

1. Dokumen RPJMDesa

2. Dokumen APBdes

3. Sirkulasi Keuangan Desa (RAB, Realisasi, Pelaporan dan Pertanggungjawaban Program)

4. Dan lain-lain dimana data-data yang ada berurutan dan saling berkaitan.