Jelajah
IMG-LOGO
Berita Desa

SUKSES....., MERTI DESA KENALAN 2017

Create By 13 November 2017 12 Views
IMG

MERTI DESA KENALAN KECAMATAN BOROBUDUR 2017

Merti Desa merupakan agenda tahunan yang dilaksanakan oleh warga masyarakat bersama Pemerintah Desa Kenalan. Merti Desa (Saparan) adalah wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang dituangkan dalam bentuk tumpeng selamatan, gunungan wulu wetu dan gunungan jajan pasar.

          Desa Kenalan Kecamatan Borobudur Memiliki tradisi unik tahunan yang disebut "Merti Desa" /"Saparan"/"Sedekah Bumi". Kegiatan tahun ini dilaksanakan pada hari sabtu-minggu tanggal 11-12 Nopember 2017 dengan mengambil tema "GUYUB RUKUN MBANGUN DESA" dengan harapan dalam pembangunan manusia seutuhnya berlandaskan sistem kebersamaan, guyub rukun (istilah jawa) untuk mencapai tujuan dan kebahagiaan secara merata.

       Merti desa merupakan kegiatan warga masyarakat sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas segala nikmat, rahmat yang telah diterima sehari-hari, yang dituangkan dengan kegiatan do'a bersama.

       Selain do'a bersama warga masyarakat juga menyuguhkan tumpeng selamatan dari masing-masin Rukun Tetangga  (RT) dan makanan kuliner dari kelompok dasa wisma (Dawis) untuk dimakan bersama sebagai wujud rasa kebersamaan dan rasa kekeluargaan.

       Bentuk syukur sedekah bumi dituangkan dengan dua buah gunungan yaitu : gunungan WULU WETU (Gunungan Lanang) dan gunungan JAJAN PASAR (Gunungan Wadon). Kedua buah gunungan ini dijadikan ikon terdepan dalam kirab budaya desa pada hari minggu pagi 12 Nopember start dari tugu batas desa menuju Balai Desa Kenalan dengan jarak kurang lebih 850 meter.

Kirab budaya ini juga dimeriahkan semua potensi budaya, utusan kelembagaan desa dan utusan masing-masing warga rukun Tetangga (RT).